A. Rencana Bisnis
1. Latar Belakang
Usaha adalah suatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf hidup seseorang untuk menjadi lebih baik. Suatu usaha yang kita jalani dapat menghasilkan laba semaksimal mungkin jika kita tekun dalam menjalani usaha tersebut.
Banyak cara yang dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha seperti sistem retail atau membuat sendiri produk yang akan dijual. Kegiatan usaha dengan cara membuat sendiri produk yang akan dijual akan lebih banyak kelebihannya dibandingkan sistem atau cara kegiatan usaha lain. Selain produk yang dijual lebih menarik minat, tentu cara ini lebih mudah dalam menafsirkan atau menargetkan laba dengan total produk yang akan dijual ke konsumen.
Dari penjelasan latar belakang diatas, maka kami tertarik untuk melakukan kegiatan usaha dengan menggunakan cara membuat sendiri produk yang akan dijual. Dalam hal ini, produk yang kami tawarkan berupa jajanan rakyat berupa “donuts dan lemper goreng”.
2. Visi Dan Misi
- Visi
Kepuasan konsumen atas produk merupakan hal yang paling kami utamakan.
- Misi
ü Memperkenalkan jajanan pasar khususnya donuts dan lemper goreng ke masyarakat.
ü Menciptakan makanan yang sehat, serta cita rasa yang tinggi yang bertujuan untuk memuaskan konsumen.
3. Analisis SWOT Bisnis
a) Strength (Kekuatan)
- Harga produk ekonomis
- Kebersihan produk terjamin
- Produk yang kami tawarkan tidak menggunakan bahan pengawet atau zat – zat berbahaya lainnya
- Produk yang ditawarkan merupakan jajanan pasar yang sudah tidak asing dengan lidah Indonesia
b) Weakness (Kelemahan)
- Produk yang kami tawarkan merupakan jajanan pasar yang banyak tersedia di berbagai tempat
- Produk yang kami tawarkan merupakan produk yang tidak tahan lama karena tanpa bahan pengawet
c) Oppurtunity (Peluang)
- Banyak penjual – penjual lain yang menjual produk yang sama menggunakan bahan pengawet, sedangkan produk kami tidak menggunakan bahan pengawet atau zat – zat berbahaya lainnya
- Kepuasaan konsumen akan produk kami sudah teruji
d) Threat (Hambatan)
- Produk yang diperdagangkan berupa jajanan pasar yang semakin tersingkir akibat maraknya jajanan luar negeri
- Produk yang kami tawarkan bersifat mengenyangkan khususnya donuts, jadi jika sudah memasuki makan siang banyak pelanggan yang menolak produk kami
B. Analisis Pasar
Analisis pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai pasar. Analisis pasar menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar.
a) Produk yang akan dijual
Barang atau produk yang akan dijual dalam usaha ini adalah jajanan rakyat yang sudah tidak asing dengan lidah Indonesia yaitu donuts dan lemper goreng.
b) Penawaran dan permintaan
Pada umumnya masyarakat selalu menginginkan sesuatu yang berbeda, tidak terkecuali dengan hal kuliner atau makanan. Dalam hal ini produk makanan yang kami tawarkan berupa makanan ringan atau jajanan pasar,
c) Harga jual produk
Harga jual produk yang kami tawarkan ke pelanggan untuk tiap produknya sebesar Rp. 2.000 saja.
C. Analisis Produksi
Dalam kegiatan usaha ini, kami terdapat dua jenis analisis produksi yaitu analisisi produksi donuts dan analisis produksi lemper goreng dengan perincian sebagai berikut :
a. Analisis Produk Donuts
Bahan – bahan yang kami butuhkan dalam pembuatan donuts adalah sebagai berikut :
- Terigu 1,5 kg Rp 12.000
- Telur ¼ kg Rp 4.500
- Mentega 1 bungkus Rp 4.000
- Renmipan Rp 2.000
- Kentang ¼ kg Rp 2.500
- Gula ½ kg Rp 4.000
- Susu bubuk 3 sachet Rp 3.000 +
Rp 32.000
b. Analisis Produk Lemper Goreng
Bahan – bahan yang kami butuhkan dalam pembuatan lemper goreng adalah sebagai berikut :
- Beras ketan 1 kg Rp 17.000
- Santan kelapa Rp 4.000
- Abon sapi Rp 5.000 +
Total Rp 26.000
c. Analisis Produk Bersama
Dalam pembuatan kedua produk ini terdapat bahan – bahan yang digunakan secara bersama, yaitu :
- Minyak 1 liter Rp 10.000
- Gas 3 kg Rp 16.000 +
Total Rp 26.000
D. Analisis Resiko Bisnis
Dalam kegiatan usaha ini, resiko bisnis yang kami hadapi adalah ketidak-tahanan produk kami karena tidak menggunakan bahan pengawet. Hal ini akan menyebabkan produk kami tersisa sehingga mengakibatkan kerugian dalam kegiatan usaha.
E. Proyeksi Keuangan
- Rencana Anggaran Biaya
ü Anggaran Donuts
– Terigu 1,5 kg Rp 12.000
– Telur ¼ kg Rp 4.500
– Mentega 1 bungkus Rp 4.000
– Renmipan Rp 2.000
– Kentang ¼ kg Rp 2.500
– Gula ½ kg Rp 4.000
– Susu bubuk 3 sachet Rp 3.000
– Gas & minyak goreng Rp 13.000 +
Total Pengeluaran Donuts Rp 45.000
ü Anggaran Lemper Goreng
– Beras ketan 1 kg Rp 17.000
– Santan kelapa Rp 4.000
– Abon sapi Rp 5.000
– Gas & minyak goreng Rp 13.000 +
Total Rp 39.000
- Keuntungan
– Donuts (per 30 buah)
Untung per produk = harga penerimaan – harga pengeluaran
= Rp 60.000 – Rp 45.000
= Rp 15.000
– Lemper Goreng (per 26 buah)
Untung per produk = harga penerimaan – harga pengeluaran
= Rp 39.000 – Rp 52.000
= Rp 13.000
- Prediksi penjualan
ü Target penjualan produk
- Donuts : 120 buah
- Lemper Goreng : 104 buah
ü Kegagalan : 5%
Kegagalan donuts (5% x 120 buah) = 6 buah
Kegagalan lemper goreng (5% x 104) = 5 buah
ü Harga jual produk : Rp 2.000 / buah
ü Penerimaan
- Donuts (120 buah – 6 buah) x Rp 2.000 = Rp 228.000
- Lemper goreng (104 – 5 buah) x Rp 2.000 = Rp 198.000
- Produksi Laba – Rugi
Untung = Harga penerimaan – harga pengeluaran
– Donuts = Rp 228.000 – Rp 180.000
= Rp 48.000
– Lemper goreng = Rp 198.000 – Rp 156.000
= Rp 42.000
- F. Strategi Bisnis
Dalam pemasaran harus padai dalam mengatur harga, tempat penjualan, melakukan promosi produk, salah satu cara promosi adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap menu masakan. Inovasi yang bagus terhadap produk yang dimiliki, seperti bagaimana cara membuat donuts dan lemper goreng ini terlihat lebih unik dan berbeda dari olahan donuts dan lemper goreng pada umumnya.
1) Mengatur Tempat Penjualan
Tempat berlangsungnya usaha kami di lingkungan kampus Gunadarma.
2) Strategi Produk
Kami menawarkan jajanan pasar dengan berbagai jenis produk dan rasa yang berbeda dan pastinya higenis.
3) Promosi Produk
Promosi produk kami terhadap para pelanggan dengan mempromosikan ke mahasiswa di lingkungan kampus Gunadarma.
- G. Rencana Aktivitas
Dalam menjalankan usaha ini, kami berencana untuk menawarkan produk – produk ke mahasiswa Universitas Gunadarma di sela –sela jadwal perkuliahan. Hal ini dilakukan mengingat target konsumen kami adalah mahasiswa Universitas Gunadarma.