Boyband Korea : SS501 (Part. 1)

SS501 merupakan salah satu boyband yang berasal dari negeri ginseng (Korea Selatan). Boyband yang digawangi oleh Kim Hyun Joong sebagai leader, Heo Young Saeng sebagai vocal utama, Kim Kyu Jong sebagai vocal, Park Jung Min sebgai vocal, dan si maknae Kim Hyung Joon sebagai rapper, dibentuk oleh DSP Entertainment dalam pencarian bakat dan pada tanggal 8 Juni 2005 terbentuklah SS501. SS501 mempunyai fansbase yang bernama TRIPLE S atau biasa disebut dengan GREEN PEAS karena warna kebangsaanya adalah HIJAU.

Mulai debut bulan Juni 2005 dengan single pertama yang berjudul “Warning”, mereka sukses menarik perhatian para hallyu – hallyu. Kemudian disusul single kedua “Snow Prince” pada pertengahan November 2005. Setelah mengeluarkan dua single utama, mereka memutuskan untuk istirahat sementara dari dunia permusikan Korea selama setahun dikarenakan vocal utamanya “Heo Young Saeng” harus menjalani operasi pada pita suaranya.

Awal kembalinya dari istirahat, mereka mengeluarkan album pertama yang berjudul “S.T 01 NOW” dengan berisikan 15 lagu diantaranya Four Chance, Unlock, Again, Coward, dan Radio Star dan menerima banyak penghargaan baik di Korea maupun di Jepang. Setiap tahunnya ada saja penghargaan yang diraih oleh SS501, diantaranya sebagai berikut :

  1. 2005 – Best New Male Group Award, Best Song “Snow Prince”.
  2. 2006 – Best Dance Group Award, Netizen Popularity Award.
  3. 2007 – Best Song of The Year “Four Chance”.
  4. 2008 – Best 10 New Artist Japan Gold Disc Award, Best Asian Artist Award.
  5. 2009 – Best Song of The Year “ U R Man”, Seoul Music Award, 45th Baek Sang Arts Award 2009 Popularaty (Kim Hyun Joong), 4th Seoul Drama Award 2009 (Best Actor – Kim Hyun Joong)
  6. 2010 – Best Song of The Year “Love Ya”

Hingga pada pertengahan tahun 2010, SS501 menyatakan vacum dari kancah industri musik Korea karena berakhirnya masa kontrak kerja dengan DSP Entertainment. Para personel pun memutuskan untuk bersolo karir hingga SS501 memutuskan untuk kembali lagi. Hal ini ditandai dengan kontrak baru masing – masing personel dengan berbagai PH seperti Kim Hyun Joong dengan KeyEast Entertainment, Heo Young Saeng dan Kim Kyu Jong dengan B2M Entertainment, Park Jung Min dengan CNR Entertainment, serta Kim Hyung Joon dengan S Plus Entertainment.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s