TUGAS 3

  1. 1. Jelaskan dengan singkat mengenai :
    1. Neraca Pembayaran
    2. Neraca pembayaran secara esensial merupakan sistem akuntansi yang mengukur kinerja suatu negara. Neraca pembayaran adalah merupakan suatu ikhtisar yang meringkas transaksi-transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun). Neraca pembayaran mencakup pembelian dan penjualan barang dan jasa , hibah dari individu dan pemerintah asing dan transaksi finansial. Umumnya neraca pembayaran terbagi atas neraca transaksi berjalan dan neraca lalu lintas modal dan finansial , dan item-item finansial.

    3. Modal Asing
    4. Penanaman Modal Asing adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing, baik yang menggunakan modal asing sepenuhnya maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri. Penanam Modal Asing dapat dilakukan oleh perseorangan warga negara asing, badan usaha asing, dan/atau pemerintah asing yang melakukan penanaman modal di wilayah negara Republik Indonesia.

    5. Utang Luar Negeri
    6. Utang luar negeri adalah kewajiban negara terhadap pihak asing, baik pokok maupun bunga oleh pemerintah dan institusi lainnya. Jumlah itu tak hanya mencakup utang pemerintah, tetapi juga utang yang dimiliki oleh swasta dan individu terhadap kreditor luar negeri.

  2. Sebutkan dan jelaskan manfaat modal asing ! (min 5)
    1. Sebagai penambah cadangan kas Negara
    2. Karena dengan hal itu banyak para investor yang akan membayar pajak sesuai investasi mereka. Dengan begitu, cadangan kas Negara akan bertambah banyak.

    3. Mengurangi jumlah pengangguran
    4. Dengan adanya penanaman modal asing, dengan begitu akan membuka lapangan pekerjaan yang baru sehingga hal itu akan menyebabkan berkurangnya jumlah pengangguran di Indonesia.

    5. Mengurangi Tingkat Kemiskinan
    6. Dengan adanya lapangan pekerjaan yang banyak, hal itu akan membantu Negara dalam penyelesaian masalah kemiskinan yang selalu melanda Indonesia.

    7. Mengurangi Tindakan Kriminal
    8. Karena tingkat kemiskinan sudah semakin berkurang, maka para penjahat atau pelaku tindakan criminal akan beralih ke profesi yang lebih baik dari sebelumnya dan tidak menimbulkan tindakan-tindakan criminal lagi.

    9. Membantu dalam Pertumbuhan Ekonomi
    10. Dengan adanya modal asing, Ekonomi di Indonesia akan mengalami peningkatan yang signifikan. Karena kegiatan ekonomi yang akan menguntungkan Indonesia dari segi perpajakan.

  3. Sebutkan dan jelaskan dampak utang luar negeri terhadap pembangunan di Indonesia ! (min 5)
    1. Pengeluaran Negara yang Terlalu Besar
    2. Karena dengan membayar utang terhadap luar negeri tentu akan mengakibatkan pengeluaran negara akan besar. Belum lagi dengan bunga utangnya, hal itu akan semakin menambah besarnya pengeluaran negara.

    3. Kesenjangan Masyarakat
    4. Dengan pengeluaran negara untuk pembayaran utang luar negeri, tentu APBN untuk kesehatan dan bantuan rakyat miskin akan berkurang. Hal ini akan menyebabkan tingkat kesenjangan pada masyarakat akan bertambah.

    5. Pembangunan di Indonesia akan Terhambat
    6. Karena dengan biaya yang tidak cukup banyak, hal itu menyebabkan pembangunan akan menjadi kacau.

    7. Tidak Meratanya Pembangunan di Daerah
    8. Dengan adanya utang luar negeri membantu pembangunan negara Indonesia, dengan menggunakan tambahan dana dari negara lain.

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s