DEMOKRASI EKONOMI

Pada negara – negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, sistem demokrasi dan ekonomi tidak selalu dapat berkembang secara bersamaan. Karena sistem tersebur terlahir di dalam budaya Barat, sehingga tidak semua negara yang menganut sistem demokrasi maka pembangunannya juga akan berhasil. Namun banyak negara juga yang menentang sistem demokrasi ekonomi ini termasuk Indonesia. Hal ini terjadi pada masa pemerintahan Soekarno, pemerintah menerapkan sistem demokrasi terpimpin, ekonomi terpimpin, dan sosialisme.
Sejarah telah membuktikan bahwa jalan yang ditempuh oleh pemerintah Indonesia pada masa itu tidak memberikan hasil yang bagus, terutama pada tingkat kesejahteraan masyarakat.
Demokrasi ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia secara tegas dirumuskan dalam UUD 1945 Pasal 33. Pada pasal tersebut dengan jelas tertulis pokok – pokok pikiran bangsa Indonesia mengenai demokrasi ekonomi. Unsur pokok dalam perekonomian Indonesia yang berdasarkan demokrasi bagi bangsa Indonesia adalah asas kekeluargaan.

Sumber :
Badrika, I Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XII. Jakarta : Erlangga.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s