CARA MENGATASI GANGGUAN TIDUR

Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkan dan tidak dapat tertidur kembali. Cukup banyak orang yang mengalami hal seperti ini. Gangguan tidur seperti ini disebut sebagai insomnia. Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami oleh penderita dengan gejala-gejala selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat tidur kembali.
 Faktor Penyebab
Ada empat jenis gangguan insomnia, yaitu :
1. Susah tidur
Bila badan terasa lelah atau kurang sehat, tidur kita pun akan terganngu. Gangguan pikiran akibat adanya suatu permasalahan yang dihadapi, apalagi permasalahan tersebut membuatnya sress atau depresi.
2. Selalu terbangun di tengah malam
Bila seseorang mengalami depresi berat biasanya di fase awal akan mudah tertidur kemudian terbangun di tengah malam dan sulit sekali untuk tidur kembali.
3. Pengaruh minuman keras, minuman yang mengandung kafein, dan mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang.
4. Selalu bangun lebih cepat dari yang diinginkan.

 Cara Mengatasi Insomnia
Cara mengatasi insomnia dapat melakukan berbagai hal, seperti :
1. Menggunakan teknik relaksasi dan pemrograman bawah sadar
2. Usahakan agar sesering mungkin berada dalam kondisi relaks dan meditatif (tenang)
3. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung tembaga (2 mg), zat besi (10 – 15 mg), serta magnesium (400 mg). Namun bagi penderita jantung atau ginjal sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu
4. Ciptakan suasana kamar yang nyaman
5. Berikan wangi-wangian yang memberikan relaksasi, misalnya dengan aroma terapi
6. Pilihlah bantal yang padat tetapi empuk sehingga kepala dan bahu tidak terasa sakit dan sirkulasi udara dapat leluasa bergerak
7. Hindari lampu yang terang
8. Usahakan kamar tidur tidak digunakan sebagai kamar bekerja
9. Jangan menonton tontonan yang menegangkan otak sebelum tidur
10. Hentikan merokok. Kalau pun sulit, kurangi rokok pada malam hari
11. Jauhkan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat dan minuman beralkohol paling tidak empat jam sebelum tidur
12. Berhati-hati pada pemakaian obat-obatan seperti obat flue yang mengandung phenylpropanolamine atau perangsang lain yang dijual bebas di pasaran. Karena efeknya akan menyebabkan sulit tidur
13. Teknik relaksasi, meditasi, yoga atau mendengarkan musik yang lembut untuk membantu tidur agar nyaman
14. Jangan terlalu memaksakan diri “harus tidur”
15. Hindari terlalu lama tidur pada siang atau sore hari
16. Bila tetap tidak bisa tertidur, usahakan mengerjakan sesuatu tetapi tidak menegangkan sampai mata terasa lelah dan akhirnya mengantuk

 Akibat Insomnia
Insomnia berakibat menyebabkan terganggunya konsentrasi. Akibatnya sering terjadi kecelakaan di jalan raya atau di tempat kerja. Bila seseorang mengalami kurang tidur atau waktu tidurnya kurang akan menyebabkan kondisi tubuhnya akan terganggu.

Sumber : Tetty E Setyawati dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s