TUGAS 4

1. Apa beda dari :

a. Merek

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 :

Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf- huruf, angka- angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur- unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. (Pasal 1 Ayat 1). Menurut saya merek adalah ciri khas yang digunakan oleh suatu perusahaan atau pembeda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Merek sendiri dapat berupa nama, lambang, warna atau yang lain seperti yang tercantum pada pasal 1 undang-undang tentang merek.

b. Nama merek

Nama merek merupakan salah satu bagian dari merek. Setiap perusahaan pasti memiliki nama merek yang berbeda seperti coca-cola, adidas, dagadu, dunkin donuts, j-co, dan lain-lain. Setiap perusahaan pasti mencari nama untuk mereknya dengan perhitungan yang tepat. Karena dengan nama merek akan menentukan maju atau tidaknya suatu perusahaan.

c. Logo

Selain menggunakan nama merek, perusahaan juga menggunakan logo. Logo biasanya dibuat sebagai ciri khas suatu perusahaan.

Contoh : Logo pada perusahaan olympic, logo pada perusahaan starbucks, logo pada dunkin donuts, logo pada sepatu adidas, logo pada breadtalk, dan lain-lain.

d. Merek Dagang

Menurut pasal 1 Undang-Undang tentang Merek, merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.

Contoh : merek dagang pada sepatu dari Cibaduyut , merek dagang coca-cola, merek dagang kaos ie-be, merek dagang pada handphone Nokia, merek dagang pada esia, dan lain-lain

e. Hak Cipta

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta :

Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.(Pasal 1 ayat 1).

Hak cipta diberikan terhadap ciptaan dalam ruang lingkup bidang ilmu pengetahuan, kesenian, dan kesusasteraan. Hak cipta hanya diberikan secara eksklusif kepada pencipta, yaitu “seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya lahir suatu ciptaan berdasarkan pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan atau keahlian yang dituangkan dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi”.

Contoh : hak cipta pada puisi Chairil Anwar, hak cipta pada lukisan Affandi, hak cipta pada teori Albert Einsten, hak cipta pada penemuan telepnone oleh Alexander Graham Bell, hak cipta pada batik Indonesia, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s